Selasa, 19 April 2016

Rangkuman Materi US SD/MI 2016 , Pendidikan Agama Islam

Assalamualaikum wrwb,,,
Selamat pagi sobat,

Menjalani profesi sebagai guru tidaklah mudah. Ada tanggung jawab moral demi melahirkan anak-anak berprestasi yang bisa membangun bangsa.
Konsultan Pendidikan Munif Cahtib menyatakan, ada lima bingkisan yang perlu dimiliki oleh guru masa depan. Mengubah paradigma menjadi salah hal yang paling sulit.

"Bingkisan pertama yakni Bintang. Bisakah kita melihat bahwa setiap siswa adalah juara dan hebat?" ujar Munif dalam acara Workshop Guru dan Pengelola Sekolah Gratis Berkualitas di Kemendikbud, Jumat (19/6/2015).
Munif memaparkan, setiap anak adalah masterpiece. Karena itulah sekolah harus bersikap inklusif. Jadi sekolah mau menerima siswa pintar, bodoh, baik maupun nakal.
"Namun sayangnya masih ada sekolah yang tidak memiliki konsep tersebut. Misalnya, bila melihat calon siswa yang memiliki tindikan berarti anak nakal dan tidak bisa mendaftar di sekolah tersebut," imbuhnya.
Bingkisan kedua adalah menyadari bahwa kemampuan anak didik kita itu seluas samudra. Dalam psikologi, kata Munif, kemampuan seseorang juga ditunjukkan dengan psikoafektif yang biasanya ditandai dengan sikap baik dan santun dari anak tersebut.
"Sikap baik itu pun harusnya sudah bisa dikatagorikan sebagai anak yang pintar," tutur Munif.
Bingkisan ketiga yang harus dimiliki oleh guru, kata Munif, adalah menyadari bahwa setiap anak itu cerdas dengan multiple intellegence. Kecerdasan itu sendiri tidak bisa hanya dirumuskan dalam angka-angka, namun dilihat dari kebiasaan.
Bingkisan keempat adalah penyelam. Artinya, guru harus bisa mengembangkan kemampuan dan mengubur ketidakmampuan anak. "Sebagai seorang guru kita harus mengembangkan kemampuan anak meskipun itu sekecil debu," ujarnya.
Lalu, bingkisan terakhir adalah bakat. Munif menilai, jika suatu bakat sudah menempel di anak didik, maka dia akan berhasil menjadi profesional dalam karier.

"Ciri bakat yang nampak dalam sebuah profesi adalah orang itu berkarya. Setiap profesi itu memiliki masalah. Bila dia bisa mengatasi masalah tersebut, maka tandanya dia profesional," tambahnya.
Sebagai guru yang profesional kita harus selalu berusaha meningkatkan prestasi peserta didiknya, salah satunya dengan membuatkan Rangkuman Materi Ujian Sekolah Pendidikan Agama Islam.

Label: , , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda