Minggu, 19 Juni 2022

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

 Jurnal Refleksi Dwimingguan

Modul 1.2 Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

 


Nur Salam, S.Pd.SD

CGP Angkatan 5 Kabupaten Banyumas

SD Negeri 2 Mengangkang

 

Assalamualaikum wrwb

Salam dan Bahagia

 

Alkhamdulilah pada kesempatan ini saya masih diberikan kesehatan untuk bisa menulis melakukan refleksi diri terkait dengan pembelajaran mengenai nilai-nilai dan peran guru penggerak pada modul 1.2, Program Guru Penggerak Angkatan 5. Tentunya, kita sebagai seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak didik serta mengembangkan nilai-nilai yang ada pada diri anak.

Menulis jurnal refleksi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh calon guru penggerak setiap 2 minggu sekali setelah menyelesaikan 1 buah modul. Dalam merefleksikan diri terkait dengan pembelajaran yang telah diikuti, seorang calon guru penggerak dapat memilih metode refleksi yang disukainya.

Baca Juga: Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1 Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Pada jurnal refleksi dwimingguan modul 1.2  ini, saya akan menggunakan model 4F ( Facts, Feelings, Findings, Future ) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Jurnal refleksi model 4F ini juga bisa diterjemahkan menjadi 4P, yang terdiri dari 4 tahap yaitu :

1.    Facts ( Peristiwa )

Menyelesaikan pembelajaran modul 1.1 membuat saya sangat senang dan bangga dan tentunya lega, karena dengan berbagai keterbatasan dapat menuntaskan modul 1.1 dengan tepat waktu. Walaupun mungkin beberapa tugas dan penerapan di kelas maupun sekolah yang belum maksimal. Dan ternyata rasa senang, bangga dan lega tidak berlangsung lama, karena tidak ada jeda menuju pembelajaran modul 1.2 yang dimulai pada tanggal 3 Juni 2022. Kegiatan mulai dari diri dapat terlewati dan dapat memaparkan diri tentang nilai dan peran guru penggrak dengan lancar. Namun spot jantung kembali lagi ketika memasuki kegiatan eksplorasi konsep.  Di sana disajikan materi banyak materi, yang terdiri dari 22 slide yang harus kita pelajari serta menuangkan pendapat sendiri tentang materi tersebut. Dimulai dari materi nilai kemanusiaan:kebijakan universal sampai dengan materi peran guru penggerak.

Di sela mempalajari modul 1.2 melalui kegiatan eksplorasi konsep, saya mendapat jadwal pendampingan individu oleh pengajar praktik ibu Adiasih pada hari Sabtu tanggal 4 Juni 2022. Melalui pendampingan individu ini, banyak sekali masukan, umpan balik, ilmu serta motivasi yang saya dapatkan. Di samping itu adanya kegiatan penilaian akhir tahun di sekolah membuat  saya harus ekstra dalam membagi waktu antara belajar dan pekerjaan.

Baca Juga : Tugas 1.1.a.6 Demonstrasi Kontekstual dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara Modul 1.1

Kegiatan ruang kolaborasi pada tanggal 8-9 Juni 2022 lagi-lagi membuat saya semakin terbuka dengan nilai-nilai serta peran guru penggerak kedepannya. Melalui ruang kolaborasi ini, saya dapat langsung menerapkan ilmu yang dipelajari pada modul 1.2 ini. Belajar banyak dari teman-teman calon guru penggerak serta ibu Suhartini selaku fasilitator kami.

Lokakarya 1, yang dihelat pada Sabtu tanggal 11 Juni 2022 di SMA Negeri 5 Purwokerto, semakin memantapkan langkah saya dalam mengikuti program guru penggarak angkatan 5 ini. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan permainan dapat menumbuhkan nilai kepemimpinan diri dari CGP. Kegiatan yang sangat padat namun kami tidak merasa lelah dan bosan, semua kegiatan dapat diikuti dengan rasa senang dan bahagia.

Kendala yang saya hadapi dalam mengikuti rangkaian kegiatan program guru penggerak ini tentunya waktu dan pekerjaan. Namun, dengan komitmen dan semangat yang  tinggi saya yakin dapat mengikuti kegiatan serta menjalankan tugas dengan baik.

2.    Feelings ( Perasaan )

Setelah mempelajari modul 1.2 tentang  nilai dan peran guru, saya merasa masih banyak yang perlu ditingkatkan terkait nilai-nilai guru penggerak pada diri saya. Sebagai seorang guru tentunya harus dapat menjadi teladan bagi anak didiknya. Untuk dapat menjadi teladan, kita harus memiliki nilai-nilai guru penggerak yaitu berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif serta inovatif. Jika kita sudah memiliki nilai-nilai tersebut, maka dapat menjalankan peran sebagai guru penggerak dengan baik.

Kegiatan pembelajaran  melalui media LMS dan ruang virtual, dalam dua minggu terakhir saya merasa sangat enjoy dan terkadang masih keteteran.  Namun,  kami memiliki Pengajar Praktik dan Fasilitator yang senantiasa mengingatkan serta menuntun kami agar mampu menyelesaikan tugas tepat waktu.

 

3.    Findings ( Pembelajaran )

Banyak sekali pembelajaran yang dapat saya petik ketika mempelajari nilai-nilai guru penggerak ini. Untuk membantu mengenali diri dan potensi yang dimiliki murid, membantu tumbuh kembangnya murid dengan potensi yang mereka miliki, tentunya dibutuhkan nilai-nilai serta peran seorang guru.

Untuk dapat menjadi seorang guru yang benar-benar dapat menjadi teladan, tentunya kita harus senantiasa mengasah nilai-nilai yang ada pada dirinya, yaitu nilai berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif serta inovatif.

 

4.    Future ( Penerapan )

Berangkat dari hal tersebut diatas maka hal yang akan saya lakukan adalah selalu melakukan refleksi, belajar, berkreasi, berinovasi, mandiri dan berkolaborasi untuk mewujudkan Guru yang bisa  menjadi teladan bagi murid, membangun semangat bagi para penerus bangsa, dan memberikan dorongan dari belakang agar mereka mampu menjadi diri sendiri yang hebat tanpa bergantung kepada orang lain. Tentunya muara dari semua itu adalah menumbuhkembangkan profil pelajar Pancasila.

 

Demikian jurnal refleksi modul 1.2 tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak, semoga bermanfaat serta dapat menjadi pembelajaran diri utnuk saya.

 

Terima kasih

Wasssalamualaikum wrwb

 

 

Label: , , , , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda