Selasa, 28 Maret 2017

GURU, Profesi yang menjanjikan, SETUJU ????

Beberapa tahun belakangan ini profesi untuk menjadi guru memanglah sangat membludak peminatnya. Mereka mendaftar profesi tersebut dengan berlatar belakang pendidikan sarjana,kebanyakan. Bahkan dengan berbagai alasan yang tidak sedikit dikarenakan faktor ekonomi dan faktor-faktor lain yang mendukung. Yang katanya profesi guru itu gajinya menjanjikan untuk menyokong hidup dan sebagai jaminan hari tua. Namun kenyataannya,alih-alih untuk jaminan hari tua,untuk kebutuhan hidup yang dijalani hari ini belum tentu cukup. Dan kenyataannya pula banyak dari kalangan masyarakat bahkan dari kalangan guru sendiri pun tidak sependapat dengan pernyataan tersebut.

Dalam kehidupan sesungguhnya seorang guru harus pintar-pintar memutar otak bagaimana caranya agar dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya. Tidak banyak yang tahu,apabila guru setelah mengajar di lingkungan sekolah,sepulangnya mereka mempunyai pekerjaan sampingan.Entah pekerjaan sampingan tersebut berasal dari milik pribadi maupun orang lain. Karena dengan pekerjaan sampingan tersebut mereka mendapatkan tambahan uang untuk biaya hidup. Fenomena ini terjadi dikarenakan gaji seorang guru tidak sebanding dengan apa yang telah diabdikan untuk dunia pendidikan. Bahkan pegawai swasta maupun pegawai negeri selain guru, upahnya bisa setara bahkan bisa melebihi upah seorang guru.
Sepertinya slogan “guru tanpa tanda jasa”kebanyakan tidak berlaku untuk kehidupan sekarang ini, dizaman yang keras ini dengan berbagai problematika kehidupan yang ada. Seseorang berlomba-lomba mencari pekerjaan yang layak,lebih-lebih bisa mengangkat derajat dan tingkat ekonomi. Meskipun begitu masih ada keyakinan orang-orang diluar sana yang berhati mulia yang masih menerapkan slogan ini, walaupun kita tidak mengetahui berapa jumlah pastinya.  
Walaupun profesi guru dipandang tidak terlalu susah, dan kegiatan mereka hanya mengajar para muridnya. Itu hanyalah pandangan yang dapat dilihat dari luar saja. Namun apabila kita meninjau keseluruhan aspek yang harus dimiliki seorang guru diantaranya, kepandaian,kesopanan,kekreatifan, kewibawaan,keteladanan,jiwa kepemimipinan  dan masih banyak lagi lainnya,sudah pasti profesi guru merupakan profesi yang terberat dan tersusah dari segala macam profesi yang ada didunia ini.
Mengapa bisa begitu??? tentu saja bisa.Karena profesi guru merupakan perantara awal mula seorang individu mengenal dunia pendidikan yang sesungguhnya.Masyarakat pun pastinya sudah paham betul bahwa pendidikan yang pokok itu berasal darinya.Dari guru pula seorang individu mendapatkan ilmu,motivasi,bimbingan yang nantinya dapat menjadikan individu tersebut entah sebagai presiden,dokter,polisi,tentara,pilot maupun pekerjaan-pekerjaan lain yang ada di masyarakat bila kelak nanti.
Semua pekerjaan tersebut ada karena pendidikan yang dimilikinya yang berasal dari seorang guru. Yang terberat lagi dari profesi yang jarang terpikirkan oleh kita adalah,adanya tanggungan,beban surga dan neraka yang dipikul oleh guru. Karena gurulah seseorang dapat menjadi sosok yang baik atau buruk tergantung sejauh mana usaha keras dan perjuangan seorang seorang guru membentuk pribadi individu menjadi yang terbaik. Maka dari ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa beratnya tanggung jawab seorang guru tidak sebanding dengan upah yang didapat.
Dalam hal ini kita jangan menganggap bahwa guru itu materialistis yang hanya memikirkan gaji yang diterimanya setiap bulan,.Kita sebagai masyarakat awam harusnya berfikir cerdas dalam menanggapi statement tersebut. Karena dengan melihat kenyataan tanggung jawab yang diemban seorang guru sangatlah berat dan luar biasa,sudah sepantasnya nasib guru harus lebih diperhatikan dan ditingkatkan. Agar tidak ada lagi fenomena guru yang miskin akan motivasi, ilmu, kesejahteraan, kelayakan ekonomi dan semangat mengabdi. Hargailah mereka, sejahterakanlah mereka, jangan anggap remeh mereka dan yang terpenting ingatlah bahwa profesi guru merupakan dewa, induk, bahkan ibu dari semua profesi yang ada di dunia ini.

Berikut sedikit gambaran gaji seorang guru



Semoga bermanfaat,,,,,,,,,,,,

Label: , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda