Jumat, 24 Maret 2017

PTK : PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENINGKATAN HASIL BELAJAR  SISWA
DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA
DI KELAS VI SDN RAWAJAYA 09






OLEH
NAMA                                   :           NUR SALAM, S.Pd.SD
NO. PESERTA                       :           15030102710252
KELAS                                   :           A





PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU ( PLPG )
RAYON 140 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO
TAHUN 2015


BAB I
PENDAHULUAN

A.           Latar Belakang Masalah
Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan ditingkat sekolah dasar. Namun, mata pelajaran matematika sering kali membuat siswa takut sebelum mempelajarinya. Hal itu menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal.
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari  sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Hasil temuan di tempat peneliti bertugas, terdapat kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Pada studi awal dalam menyelesaikan soal-soal cerita tentang bilangan bulat menunjukan rendahnya penguasaan materi pembelajaran. Hanya 6 orang siswa dari 25 siswa yang mencapai belajar tuntas atau 24 % dari jumlah seluruh siswa dengan KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal) 70. Hal ini berarti nilai ketuntasan yang dicapai siswa tergolong masih sangat rendah.
Penggunaan model pembelajaran tutor sebaya diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita tentang bilangan bulat sehingga prestasi hasil beljar siswa dapat meningkat.

B.            Rumusan Masalah
Apakah dengan model pembelajaran tutor  sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi menyelesaikan soal cerita bilangan bulat di kelas VI SD Negeri Rawajaya 09 ?
C.            Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran tutor sebaya dalam menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengn bilangan bulat di kelas VI SD Negeri Rawajaya 09.
D.           Manfaat Penelitian
1.        Bagi guru
a.         Membantu guru untuk berkembang secara professional sehingga guru mampu menujukan otonominya sebagai pekerja yang professional.
b.         Memperbaiki pembelajaran yang dikelola guru di kelasnya.
2.        Bagi siswa
a.         Memperbaiki proses dan hasil belajar siswa.
b.         Meningkatkan motivasi belajar siswa.





















BAB II
LANDASAN TEORI
A.           Landasan Teori

1.        Prestasi Belajar

Prestasi belajar dapat diartikan sebagai kecakapan nyata yang dapat diukur yangberupa pengetahuan ,  sikap dan ketrampilan sebagai iteraksi aktif antara subjek belajar selama berlangsungnya proses belajar mengajar.

2.        Soal Cerita
Soal cerita merupakan sebuah soal yang berupa uraian.

3.        Model Pembelajaran

Model pembelajaran adalah seperangkat komponenyang telah dikombinasikan secara optimal untuk kualitas pembelajaran.

4.        Model Pembelajaran Tutor Sebaya
Hamalik ( 1991 : 73 ) ( dalam Abi Masiku ( 2003 : 10 ) mengemukakan bahwa tutorial adalah bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian bimbingan, bantuan, petunjuk, arahan, dan motivasi agar siswa dapat efektif dan efisien dalam belajar. Subjek yang memberikan bimbingan dikenal sebagai tutor. Pengajaran tutoring merupakan pengajaran melalui kelompok yang terdiri atas satu siswa ( tutor, mentor ) atau boleh jadi seorang siswa mampu memegang tugas sebagai mentor, bahkan sampai taraf tertentu dapat menjadi tutor ( Winkel, 1996 : 401 ).
Pembelajaran tutor sebaya adalah pembelajaran yang terpusat pada siswa, dalam hal in siswa belajar dari siswa lain yang memiliki status umur, kematangan/harga diri yang tidak jauh berbeda dari dirinya sendiri. Sehingga anak-anak tidak merasa terpaksa dalam menerima ide-ide dan sikap dari “ gurunya “ yang tidak lain adalah temannya sendiri.


B.            Peletitian yang relevan
…………… …….




C.            Kerangka Berpikir
Agar motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat, siswa juga bisa tertarik dengan pelajaran serta aktif dan kreatif dalam pembelajaran, dengan demikian salah satu pilihan peneliti harus menerapkan penggunaan model pembelajaran tutor sebaya. Model pembelajaran ini dipilih karena peneliti meyakini bahwa anak akan lebih percaya dengan teman sebayanya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kerangka berpikir sebagai berikut :
1.             Kondisi awal
Sebelum menggunakan model pembelajaran tutor sebaya hasil belajar siswa materi menyelesaikan soal-soal cerita bilangan bulat sangat rendah. Hal ini digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran tutor sebaya.

2.             Kondisi yang diharapkan pada saat penelitian dilaksanakan
Melalui model pembelajaran tutor sebaya ini diharapkan peserta didik dalam proses belajar mengajar akan lebih aktif dalam berdiskusi. Sehingga proses belajar mengajar di kelas akan lebih hidup. Anak akan temotivasi untuk mampu berperan sebagai tutor untuk teman-temannya. Dan akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan bilangan bulat di kelas VI SD Negeri Rawajaya 09.

3.             Kondisi akhir setelah penelitian dilaksanakan
Pelaksanaan proses pembelajaran dengan model tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa materi menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan bilangan bulat di kelas VI SD Negeri Rawajaya 09.
D.           Hipotesis Tindakan
Berdasarkan kerangka berpikir yang sudah dikemukakan di atas maka hipotesis tindakan yang akan dilakukan adalah model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa




















BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A.           Setting Penelitian ( Waktu dan Tempat Penelitian )
Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas VI SD Negeri Rawajaya 09 selama 3 bulan yaitu pada bulan Agustus sampai dengan Oktober, pada semester satu tahun pelajaran 2015/2016.

B.            Subjek Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Rawajaya 09 dengan jumlah siswa 25 orang.
1.             Jumlah siswa yang tuntas belajar 5 siswa / 24 %
2.             Jumlah siswa yang belum tuntas 20 siswa / 76 %

C.            Teknik dan Alat Pengumpulan Data
1.             Teknik Pengumpulan Data
a.         Teknik tes      : Pilihan ganda, essay
b.        Teknik non tes           : Lembar observasi

2.             Alat Pengumpulan Data
a.         Soal
b.        Lembar Observasi

D.           Analisis Data
Analisis data yang dilakukan dengan mengunakan analisis deskriptif,  kuantitatif,  kualitatif  berkaitan dengan materi menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan bilangan bulat.

E.            Indikator Kinerja
Penelitian ini memiliki indikator keberhasilan, apabila subjek penelitian mencapai keberhasilan 75% dari batas KKM yang telah ditentukan berkaitan dengan materi menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan bilangan bulat.
F.             Prosedur Penelitian
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus. Dalam penelitian ini masing-masing siklus berisi kegiatan:
1.             Perencanaan
Dalam penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan, yakni tentang penggunaan model pembelajaran tutor sebaya pada materi menyelesaikan soal cerita bilangan bulat, peneliti merencanakan akan menyiapkan: RPP, materi, lembar observasi dan alat evaluasi berupa soal-soal cerita yang berkaitan dengan bilangan bulat.

2.             Pelaksanaan Tindakan
Sesuai dengan topik penelitian yang diajukan, yakni tentang penggunaan model pembelajaran tutor sebaya pada materi menyelesaikan soal-soal cerita bilangan bulat maka pelaksanaan tindakan dilakukan dengan mengamati proses belajar siswa melalui lembar observasi.

3.             Refleksi
Pelaksanaan siklus II dilaksanakan berdasarkan hasil yang sudah dicapai pada sikllus I.

G.           Jadwal Penelitian
No
Kegiatan
Bulan ke
1
2
3
1
Tahap persiapan
x











2
Tahap PelaksanaanSiklus I

x
x









3
Tahap Pelaksanaan Siklus II



x
x







4
Tahap analisis data


x
x
x
x
x
x
X



5
Tahap Pelaporan hasil









X
x

H.           Daftar Pustaka
Taniredja, Tukiran dkk.2013.Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta



untuk file dalam bentuk ms word silahkan request via email 
terima kasih

Label: , , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda