Jumat, 10 Februari 2023

CARA MEMPERBAIKI VALIDASI "MOHON MENGISIKAN ALAMAT DESA/KELURAHAN DENGAN BENAR" DI DAPODIK VERSI 2023 D



CARA MEMPERBAIKI VALIDASI " MOHON MENGISIKAN ALAMAT DESA/KELURAHAN DENGAN BENAR" 
DI DAPODIK VERSI 2023.D

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan merupakan sumber data utama pendidikan Nasional. Dapodik merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan maupun untuk menjalankan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel, dan terbaru. Ketersediaan data itulah diharapkan proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, efektif, efisien dan berkelanjutan.

Dapodik ( Data Pokok Pendidikan ) | Sebuah sistem pendataan terpadu dalam bidang pendidikan berskala nasional. Sistem ini didesain dan dikembangkan dengan menggunakan teknologi website dengan fitur – fitur yang cukup lengkap untuk merencanakan sistem pendidikan dengan matang, sehingga dapat digunakan untuk melaksanakan program – program pendidikan secara cepat, lengkap, valid, up to date dan akuntable. Data pokok pendidikan yang dimaksut meliputi data Satuan Pendidikan, Peserta Didik serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Aplikasi Dapodik digunakan pada jejang pendidikan dasar dan menengah, dengan tujuan untuk mewujudkan kualitas pendidikan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis website yang dapat diinstal pada komputer lokal dan dapat disinkronkan dengan sistem pendataan pusat. Semua kebijakan yang meliputi data pendidikan, bantuan operasional sekolah ( BOS ), bantuan sarana dan prasarana, tunjangan guru semua mengacu pada data yang tersimpan dalam aplikasi Dapodik yang diinput oleh operator.

Aplikasi dapodik dirilis setiap semster oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui laman resmi yaitu https://dapo.kemdikbud.go.id/Setiap rilis tentunya membawa perubahan-perubahan pada aplikasi dapodik ini. Pembaharuan ini yang terkadang menjadikan sobat operator akan bekerja lebih ekstra lagi.


Salah satu pembaharuan pada palikasi Dapodik Versi 2023 D ini adalah adanya validasi pada alamat peserta didik. Hal tersebut membuat 'WARNING DATA" pada aplikasi dapodik yang semakin banyak.


Lantas bagaimana cara memperbaiki Validasi " Mohon mengisikan alamat desa/kelurahan dengan benar" pada aplikasi dapodik versi 2023 d?
Simak penjelasan berikut ya sobat operator.

Langkah-langkah memperbaiki Validasi " Mohon mengisikan alamat desa/kelurahan dengan benar" pada aplikasi dapodik versi 2023 d :

1. Buka apliasi dapodik
2. Login dengan menggunakan akun " operator "


3. Klik Tab Validasi Lokal kemudian Cek validasi perserta didik
4. Masuk ke Tab Peserta Didik
5. Edit data peserta didik, khusunya pada alamat siswa dengan memilih desa/kelurahan sesuai alamat siswa


6. Klik SIMPAN, maka otomatis data alamat sudah tersimpan dan validasi "Mohon mengisikan alamat desa/kelurahan dengan benar" pada peserta didik tersebut telah hilang. Selesaian sampai dengan semua data peserta didik ya sobat operator.

Demikian cara "Mohon mengisikan alamat desa/kelurahan dengan benar" semoga bermanfaat.

Label: , , , , , , , , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda