Kamis, 29 Februari 2024

APLIKASI CETAK C5 ARKAS BOSP JENJANG SD-SMP TAHUN 2024


 APLIKASI CETAK C5 ARKAS BOSP JENJANG SD-SMP TAHUN 2024

Selamat pagi rekan-rekan pengguna aplikasi arkas.kemdikbud.go.id. Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, selanjutnya disingkat Aplikasi RKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

 Aplikasi RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiap report yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan pemerintah.

Baca Juga : Cara Membuat Fungsi Terbilang Otomatis di Microsoft Excel

Namun, pengguna aplikasi ARKAS, masih membutuhkan aplikasi tersendiri untuk mencetak Bukti Pengeluaran Uang ( BPU ) atau yang dikenal dengan C5. Tidak sedikit dari pengguna aplikasi ARKAS yang membuat secara manual BPU ini.
Untuk memudahkan rekan-rekan bendahara dalam penyusunan Bukti Pengeluaran Uang ( BPU ) ini, penulis telah membuat sebuah aplikasi sederhana berbasis exel macro untuk jenjang SD dan SMP. Aplikasi yang diberi nama SD_APLIKASI CETAK C5 ARKAS BOS 2024 dan SMP_APLIKASI CETAK C5 ARKAS BOS 2024 ini dibuat khusus untuk pengguna dari Kabupaten Banyumas.


Tampilan ketika aplikasi dibuka, maka akan muncul form login dengan username dan pasword menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional ( NPSN ) masing-masing sekolah. 


Untuk memastikan kesesuaian data NPSN sekolah, maka pengguna wajib menuliskan ulang NPSN sekolah dengan diawali dengan tanda petik 1, dan pastikan bahwa nama sekolah sesuai dengan sekolah pengguna. Jika sekolah belum terdaftar , calon pengguna dapat menghubungi pengembang memalui email ataupun kontak yang ada dalam blog ini.

Bagi rekan-rekan yang membutuhkan file SD_APLIKASI CETAK C5 ARKAS BOS 2024 dan SMP_APLIKASI CETAK C5 ARKAS BOS 2024 dapat di download disini.

Demikian, semoga bermanfaat, jika ada kendala silahkan didiskusikan.
Terima Kasih

Label: , , , , , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda