Minggu, 14 Agustus 2022

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak



 Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Jurnal Refleksi Dwimingguan

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak



Assalamualaikum wrwb

Salam dan Bahagia

Alkhamdulilah pada kesempatan ini saya masih diberikan kesehatan untuk bisa menulis melakukan refleksi diri terkait dengan pembelajaran mengenai visi guru penggerak pada modul 1.3, Program Guru Penggerak Angkatan 5. Tentunya, kita sebagai seorang guru harus memiliki sebuah visi yang jelas dalam mengembangkan pembelajaran yang berpihak pada murid.

Menulis jurnal refleksi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh calon guru penggerak setiap 2 minggu sekali setelah menyelesaikan 1 buah modul. Dalam merefleksikan diri terkait dengan pembelajaran yang telah diikuti, seorang calon guru penggerak dapat memilih metode refleksi yang disukainya.

Baca Juga: Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1 Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Pada jurnal refleksi dwimingguan modul 1. ini, saya akan menggunakan model 4F ( Facts, Feelings, Findings, Future ) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Jurnal refleksi model 4F ini juga bisa diterjemahkan menjadi 4P, yang terdiri dari 4 tahap yaitu :

1.    Facts ( Peristiwa )

Program guru penggerak yang sempat terhenti beberapa saat, membuat daya juang dan semangat saya sedikit menurun. Selain itu juga karena persiapan pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka di sekolah saya yang akan dimulai pada tahun ajaran baru. Persiapan-persiapan dalam pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka tersebut diantaranya, saya mengikuti kegiatan coaching clinic selama 4 hari di BBPMP provinsi Jawa Tengah. Setelah mengikuti kegiatan tersebut, saya berkewajiban untuk mengimbaskan materi yang saya terima kepada rekan-rekan guru di gugus dan di kecamatan kami.

Alhamdulillah program guru penggerak kembali bergulirmulai tanggal 1 Agustus 2022, namun hal tersebut juga berbarengan dengan masa ujicoba pelaksanaan 5 hari sekolah di Kabupaten Banyumas. 

Dengan berbagai kegiatan menjelang kegiatan HUT RI ke 77, juga sedikit memberikan tantangan sendiri daalam menyelsaikan pembelajaran pada modul 1.3 tentang visi guru penggerak ini. Kegiatan pembelajaran dalam mempelajari modul 1.3 ini masih terasa berat pasca penghentian kegiatan program guru penggerak ini. 

Baca juga  Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

Pelaksanaan ruang kolaborasi yang dilaksanakan pada tanggal 4 dan 5 Agustus 2022 dan ruang elaborasi pemahaman pada tanggal 9 Agustus 2022 sedikit memberikan nafas dan semangat kembali dalam menapaki program guru penggerak ini. Dengan sedikit terseok-seok akhirnya saya dapat menyelesaikan pembelajaran modul 1.3 tentang visi guru penggerak walaupun sampai diingatkan oleh ibu Suhartini selaku fasilitator kami karena belum mengeirimkan tugas demontrasi kontekstual.

Kendala yang saya hadapi dalam mengikuti rangkaian kegiatan program guru penggerak ini tentunya waktu dan pekerjaan. Namun, dengan komitmen dan semangat yang  tinggi saya yakin dapat mengikuti kegiatan serta menjalankan tugas dengan baik. 

2.    Feelings ( Perasaan )

Setelah mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak, pikiran saya terbuka bahwa seorang pendidik tentunya harus memiliki sebuah visi yang jelas agar dapat mewujudkan peserta didik yang unggul dalam prestasi, terampil dalam berkarya, berkarakter profil pelajar pabcasila serta berwawasan global. Sebagai seorang guru tentunya harus dapat menjadi teladan bagi anak didiknya. Untuk dapat menjadi teladan, kita harus memiliki nilai-nilai guru penggerak yaitu berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif serta inovatif. Jika kita sudah memiliki nilai-nilai tersebut, maka dapat menjalankan peran sebagai guru penggerak dengan baik.

Kegiatan pembelajaran  melalui media LMS dan ruang virtual, dalam dua minggu terakhir saya merasa sangat enjoy dan terkadang masih keteteran.  Namun,  kami memiliki Pengajar Praktik dan Fasilitator yang senantiasa mengingatkan serta menuntun kami agar mampu menyelesaikan tugas tepat waktu.

Untuk dapat mewujudkan visi kita, tentunya diperlukan perencanaan yang matang. Untuk merencakanan dalam rangka mewujudkan visi kita dilakukan dengan menggunakan KANVAS BAGJA. Melalui kanvas BAGJA ini, kita dapat membuat pertanyaan dan mencari atau memberikan jawaban atau tindakan yang akan kita lakukan.


3.    Findings ( Pembelajaran )

Banyak sekali pembelajaran yang dapat saya petik ketika mempelajari visi guru penggerak ini. Untuk dapat mengembangkan potensi, bakat dan minat sesuai kodrat peserta didik, guru diharapkan memiliki sebuah visi yang jelas dan terukur. Selain itu visi guru maupun visi sekolah juga harus mendukung pembentukan karakter peserta didik yang sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Untuk itu perumusan visi yang benar serta perencanaan pewujudan visi tersebut dengan kanvas BAGJA diharapkan dapat mempermudah seorang pendidik dalam mewujudkan visi tersebut.

Baca juga : Tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

 4.    Future ( Penerapan )

Kesuksesan dimulai dari sebuah tujuan yang jelas.

Berangkat dari hal tersebut diatas maka hal yang akan saya lakukan adalah memiliki visi sebagai pendidik yang terukur dan terencana serta selalu melakukan refleksi, belajar, berkreasi, berinovasi, mandiri dan berkolaborasi untuk mewujudkan Guru yang bisa  menjadi teladan bagi murid, membangun semangat bagi para penerus bangsa, dan memberikan dorongan dari belakang agar mereka mampu menjadi diri sendiri yang hebat tanpa bergantung kepada orang lain. Tentunya muara dari semua itu adalah menumbuhkembangkan profil pelajar Pancasila.


Demikian jurnal refleksi modul 1.3 tentang visi guru penggerak, semoga bermanfaat serta dapat menjadi pembelajaran diri utnuk saya.

 

Terima kasih

Wasssalamualaikum wrwb



Label: , , , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda