#TERBARU CONTOH LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI GURU
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Guru
sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat
penting dalam mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas
dan kompetitif. Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai
profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 15
Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Mengingat pentingnya pengembangan sekolah
sebagai pusat pembelajaran diharapkan senantiasa mencermati perubahan-perubahan
internal dan eksternal, yang diikuti dengan penyesuaian diri.
Untuk
itu sebagai aktualisasi tugas guru sebagai tugas profesional untuk dapat
mengembangkan diri keprofesiaannya secara berkelanjutan,yaitu melalu Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(PKB) ini diarahkan untuk dapat memperkecil jarak antara pengetahuan,
ketrampilan, kompetensi sosial, dan kepribadian yang mereka miliki sekarang
dengan apa yang menjadi tuntutan kedepan berkaitan dengan profesinya itu.
Berdasarkan
Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, ditegaskan bahwa penilaian kinerja guru
merupakan penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka
pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya. Kegiatan-kegiatan guru yang
dinilai angka kreditnya antara lain adalah pendidikan formal dan memperoleh
gelar/ijasah dan pendidikan pelatihan (Diklat),
Kegiatan Kolektif Guru pembelajaran/bimbingan, dan pengembangan keprofesian
berkelanjutan yang meliputi pengenbangan diri, publikasi ilmiah, dan karya
inovatif.
Berpedoman
pada Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Standar penilaian pendidikan adalah kriteria mengenai lingkup, tujuan dan manfaat,
prinsip, mekanisme, prosedur dan instrument penilaian hasil belajar peserta
didik yang digunakan sebagai dasar dalam hasil belajar peserta didik. Penilaian
adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian
hasil belajar peserta didik. Berdasarkan
pedoman tersebut seorang guru harus bias membuat dan merancang perangkat
penilaian agar terprogram dengan baik.
B.
Tujuan
1. Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB) bagi guru untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di
sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikkan.
2. Memotivasi guru untuk tetap
memiliki komitmen melaksnakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga
profesional.
3. Mengangkat citra, harkat,
martabat profesi guru, rasa hormat dan kebanggaan kepada panyandang profesi
guru.
4. Tujuan diselenggarakannya
Diklat Fungsional Penilaian Angka Kredit Guru adalah untuk meningkatkan
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai tim penilai Angka Kredit Guru.
C.
Manfaat
a.
Guru
Meningkatnya pengetahuan,
ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan
fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan
yang profesional.
b.
Murid
Mendapat jaminan kepastian
layanan pembelajaran yang efektif untuk
meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan
dan tehnologi sesuai denga perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan
yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.
BAB II
PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI
Kegiatan Pengembangan Diri pada kegiatan PKB adalah kegiatan yang
dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi dan keprofesiannya. Kegiatan ini dilakukan melalui Pendidikan dan
Pelatihan (diklat) fungsional dan/atau melalui kegiatan kolektif guru.
Diklat fungsional bagi guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti
pendidikan atau latihan yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yang
bersangkutan dalam kurun waktu tertentu. Macam kegiatan dapat berupa kursus,
pelatihan, penataran, maupun berbagai bentuk diklat yang lain. Guru dapat
mengikuti kegiatan diklat fungsional, atas dasar penugasan baik oleh
kepala sekolah atau institusi lain,
maupun atas kehendak sendiri dari guru yang bersangkutan.
Pengembangan diri yang telah penulis ikuti ada 12 kegiatan diklat
fungsional dengan rincian sebagai
berikut :
1. Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri
Asesmen Kompetensi Minimum
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2021 s/d 23
Januari 2021.
- Jenis Kegiatan
Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru
Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Tujuan
Tujuan diselenggarakannya Bimbingan
Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum adalah untuk meningkatkan pengetahuan,
ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang pelaksanaan dan materi
Assesmen Kompetensi Minimum sehingga guru dapat mempersiapkan anak didik dalam
rangka pelaksanaan Assesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) tahun 2021.
- Uranian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut ini bentuk dan pola
kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program
Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum.
1) Bentuk
Bimbingan Teknis (
BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan dalam bentuk belajar dan mengerjakan tugas secara
mandiri melalui LMS yang telah disediakan Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan yaitu pada portal sim PKB ( https://sim-gurubelajar.simpkb.id/
).
2) Pola
Bimbingan Teknis (
BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario
pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan
metode yang dipilih.
b) Deskripsi Bimbingan Teknis (
BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Pembelajaran materi Bimbingan
Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan melalui LMS yang telah
disediakan di portal sim PKB yaitu https://sim-gurubelajar.simpkb.id/.
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam kegiatan Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar
Seri Asesmen Kompetensi Minimum yang diselenggarakan oleh Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 19 Januari 2021 sampai dengan 23 Januari 2021
dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.1 Struktur Program Tahap 1 Bimtek Program
Guru Belajar Seri
Asesmen Kompetensi Minimum
No. |
Pokok Materi |
JP |
A. |
Pokok |
|
1. |
Konsep
Asesmen Nasional |
6 |
2. |
Teknis
Pelaksanaan Asesmen Nasional |
4 |
3. |
Asesmen
Literasi Membaca |
5 |
4. |
Assessment
Numeracy |
5 |
5. |
Tindak
Lanjut Laporan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum |
10 |
B. |
Penunjang |
|
1 |
Asesmen
Pra dan Pasca Program |
2 |
Jumlah |
32 |
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter. Selain itu menambah pengetahuan siswa dalam hal literasi
membaca dan literasi numerasi dalam rangka menyongsong pelaksanaan Assesmen
Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) tahun 2021.
2. Pelatihan Google Workspace for Education oleh Google
Master Trainer – GTK Kemdikbud
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2021 s/d 16
Februari 2021.
- Jenis Kegiatan
Pelatihan Google Workspace for Education
oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud.
- Tujuan
Tujuan diselenggarakannya Pelatihan
Google Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud adalah
untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi
tentang penggunaan dan pemanfaatan Akun Belajar G-Suite For Education sehingga
guru bisa menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru pada saat
Pembelajaran Jarak Jauh.
- Uranian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut ini bentuk dan pola
kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan Pelatihan Google Workspace for
Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud.
1) Bentuk
Pelatihan Google
Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud dalam bentuk
bimbingan dan pelatihan dengan metode diskusi dan praktik.
2) Pola
Pelatihan Google
Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud, mengikuti
pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel,
yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.
b) Deskripsi Pelatihan Google
Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud.
Pembelajaran materi Pelatihan
Google Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud dilakukan
melalui google classroom dan google meet dalam penyampaian materi dan diikusi.
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam kegiatan Pelatihan Google Workspace for Education oleh
Google Master Trainer – GTK Kemdikbud tanggal 9 Februari 2021 sampai dengan 16
Februari 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.2 Struktur Program
Pelatihan Google
Workspace For Education
No |
Materi Pelatihan |
Durasi |
|
Tatap Muka |
Tugas Online |
||
1 |
Memahami perbedaan akun Google Workspace for
Education dengan akun gmail pribadi |
1 |
- |
2 |
Menyimpan, membagikan, mendownload, upload,
serta mengelola data di Google Drive |
1 |
2 |
3 |
Berkolaborasi dalam mengedit dokumen di
Google Docs |
1 |
2 |
4 |
Berkolaborasi dalam mengedit presentasi di
Google Slides. |
1 |
2 |
5 |
Membuat survei dan kuis di Google Forms. |
2 |
3 |
6 |
Berkolaborasi dalam mengedit data di Google
Sheets. |
1 |
2 |
7 |
Membuat topik, materi, tugas, dan kuis
interaktif di Classroom. |
2 |
3 |
8 |
Melakukan video call dan berbagi layar (Semua
layar, window, Chrome Tab) di Google Meet. |
1 |
2 |
9 |
Membuat acara, link Google Meet, mengundang
orang di Google Calendar. |
1 |
2 |
10 |
Mengirim email dan melampirkan lampiran di
Gmail. |
1 |
2 |
Subtotal |
12 |
20 |
|
Total |
32 Jam |
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter.
3. Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking Program
Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2021 s/d 27 Maret
2021.
- Jenis Kegiatan
Pelatihan dan Pendampingan Computational
Thinking Program Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman.
- Tujuan
Tujuan diselenggarakannya Pelatihan dan
Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas
Jenderal Soedirman adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan,
pemahaman dan kompetensi tentang bebras dan program pandai, serta tantangan
pengajar di era digital melalui teknis Computational Thingking ( CT ) dan High
Order Thingking Skills ( HOTS ).
- Uranian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut ini bentuk dan pola
kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan Pelatihan dan Pendampingan
Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas Jenderal
Soedirman.
1) Bentuk
Pelatihan dan
Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas
Jenderal Soedirman dalam bentuk bimbingan dan pelatihan dengan metode diskusi
dan praktik.
2) Pola
Pelatihan dan
Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas
Jenderal Soedirman, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan
dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang
dipilih.
b) Deskripsi Pelatihan dan
Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas
Jenderal Soedirman.
Pembelajaran materi Pelatihan
dan Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas
Jenderal Soedirman dilakukan melalui zoom meeting dalam penyampaian materi dan
diikusi serta menggunakan LMS yang telah disediakan oleh Universitas Jenderal
Soedirman.
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking Program
Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman tanggal 19 Maret 2021 sampai
dengan 27 Maret 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.3 Struktur
Program
Pelatihan dan
Pendampingan Computational Thinking
Program Pandai
Informatikan Universitas Jenderal Soedirman
No |
Materi |
Waktu |
1 |
Bebras, Pandai dan tantangan Pengajar di Era Digital |
1 |
2 |
Computational Thinking, HOTS dan Latihan |
3 |
3 |
Computational Thinking Unplugged dan latihan |
5 |
4 |
Computational Thinking Online dan latihan |
5 |
5 |
Computational Thinking Resource dan Latihan |
1,5 |
6 |
PISA test dan latihan |
3 |
7 |
Strategi Infus CT ke Mata Pelajaran |
1,5 |
8 |
Contoh Kasus CT untuk Mata Pelajaran |
1 |
9 |
Pembuatan game Sederhana dengan Scrath |
1 |
10 |
Perencanaan Micro Teaching |
3 |
11 |
Pelaksanaan Micro Teaching |
5 |
12 |
Refleksi Micro Teaching |
2 |
Jumlah jam |
32 |
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter.
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2021 s/d 31 Maret
2021.
- Jenis Kegiatan
Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA
Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD.
- Tujuan
Tujuan diselenggarakannya Diklat
Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan
Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD adalah untuk
meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi
tentang materi kajian bilangan dalam menyelesaikan soal-soal IPA SD.
- Uranian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut ini bentuk dan pola
kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA
Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD.
1) Bentuk
Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA
Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD dalam bentuk bimbingan dan pelatihan dengan metode
diskusi dan praktik.
2) Pola
Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA
Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario
pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan
metode yang dipilih.
b) Deskripsi Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA
) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam
Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD.
Pembelajaran materi Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA
) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam
Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD dilakukan melalui zoom meeting dalam
penyampaian materi dan diikusi serta menggunakan LMS yang telah disediakan oleh
PPPPTK IPA Bandung.
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam Diklat Daring,
Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi
Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD tanggal 18 Maret
2021 sampai dengan 31 Maret 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.4 Struktur
Program
Diklat Penerapan
Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan
Soal-Soal IPA SD
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter.
5. Bimbingan Teknis ( Bimtek ) Program Guru Belajar dan
Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan
Teknologi
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2021 s/d 10 Mei 2021.
- Jenis Kegiatan
Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri
Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
- Tujuan
Tujuan diselenggarakannya Bimbingan
Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah untuk
meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi
tentang penerapan pendidikan inklusif di satuan pendidikan non inklusif.
- Uranian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut ini bentuk dan pola
kegiatan yang dilakukan dalam Bimbingan
Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
1) Bentuk
Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri
Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam bentuk belajar dan mengerjakan tugas secara
mandiri melalui LMS yang telah disediakan Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan yaitu pada portal sim PKB ( https://sim-gurubelajar.simpkb.id/
).
2) Pola
Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri
Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario
pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan
metode yang dipilih.
b) Deskripsi Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru
Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Pembelajaran materi Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru
Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi dilakukan melalui LMS yang telah
disediakan di portal sim PKB yaitu https://sim-gurubelajar.simpkb.id/.
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam Bimbingan Teknis (
BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang dilaksanakan tanggal 3
Mei 2021 sampai dengan 10 Mei 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.5 Struktur
Program
Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi
Seri Pendidikan Inklusif
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter.
6. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis TIK
( PembaTIK ) Tahun 2021 Level Literasi
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2021 s/d 28 Mei 2021.
- Jenis Kegiatan
Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK )
tahun 2021 Level Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi
Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Tujuan
Tujuan diselenggarakannya Peningkatan
Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level
Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan
dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah untuk
meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi
tentang penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dalam kegiatan belajar
mengajar.
- Uranian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut ini bentuk dan pola
kegiatan yang dilakukan dalam Peningkatan
Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level
Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan
dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
1) Bentuk
Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK )
tahun 2021 Level Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi
Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bentuk belajar dan mengerjakan tugas secara
mandiri melalui LMS yang telah disediakan Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan yaitu pada portal simpatik yaitu ( https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik/user/Kb/groups/NTkx
).
2) Pola
Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK )
tahun 2021 Level Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi
Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario
pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan
metode yang dipilih.
b) Deskripsi Peningkatan Kompetensi Guru dalam
pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi yang
dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pembelajaran materi Peningkatan Kompetensi Guru dalam
pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi yang
dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan melalui LMS yang telah
disediakan di portal simpatik kemdikbud yaitu
https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik/user/Kb/groups/NTkx.
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam Peningkatan
Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level
Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan
dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan tanggal 11 Mei 2021 sampai
dengan 28 Mei 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.6 Struktur
Program
Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran
Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter.
7. Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan
Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19 September 2021 s/d 27
September 2021.
- Jenis Kegiatan
Pelatihan Program Guru
Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan
Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
- Tujuan
Tujuan diselenggarakannya Pelatihan
Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah
Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan
Teknologi adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan,
pemahaman dan kompetensi tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif.
- Uranian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut ini bentuk dan pola
kegiatan yang dilakukan dalam Pelatihan
Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah
Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan
Teknologi.
1) Bentuk
Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran
di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi dilaksanakan dalam bentuk belajar dan mengerjakan tugas secara mandiri
melalui LMS yang telah disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu pada
portal sim PKB https://sim-gurubelajar.simpkb.id/
2) Pola
Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran
di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi,
mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara
fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.
b) Deskripsi Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi
Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Pembelajaran materi Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi
Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui LMS yang
telah disediakan di portal sim PKB yaitu https://sim-gurubelajar.simpkb.id/#/beranda/4
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam Pelatihan Program
Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara
Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang dilaksanakan tanggal 19 September 2021
sampai dengan 27 September 2021 dengan pola 36 jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.7 Struktur
Program
Pelatihan Progran Guru Belajar dan Berbagi
Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggaran Pendidikan
Inklusif
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter.
8. Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan
Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan
Teknologi
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2021 s/d 21 Oktober
2021.
- Jenis Kegiatan
Bimbingan Teknis ( BIMTEK
) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
- Tujuan
Tujuan Bimbingan
Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah untuk
meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi
tentang makna guru merdeka belajar yaitu guru yang senantiasa berefleksi untuk
menyesuaikan pemikiran dan perbuatannya terhadap perubahan dalam upaya mencapai
tujuan.
- Uraian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut ini bentuk dan pola
kegiatan yang dilakukan dalam Bimbingan
Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
1) Bentuk
Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru
Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dilaksanakan
dalam bentuk belajar dan mengerjakan
tugas secara mandiri melalui LMS yang telah disediakan Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan yaitu pada portal sim PKB https://sim-gurubelajar.simpkb.id/
2) Pola
Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru
Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario
pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan
metode yang dipilih.
b) Deskripsi Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru
Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Pembelajaran materi Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru
Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui LMS yang telah disediakan di
portal sim PKB yaitu https://sim-gurubelajar.simpkb.id/
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam Bimbingan Teknis (
BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang dilaksanakan tanggal 15 Oktober 2021
sampai dengan 21 Oktober 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.8 Struktur
Program
Pelatihan Progran Guru Belajar dan Berbagi
Seri Guru Merdeka Belajar
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter.
9. Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat
Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2021 s/d 26
Oktober 2021.
- Jenis Kegiatan
Pelatihan Program Guru
Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi
Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
- Tujuan
Tujuan Pelatihan
Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam
Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan
kompetensi tentang Kemampuan nonteknis dalam adaptasi teknologi untuk
pembelajaran.
- Uraian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut ini bentuk dan pola
kegiatan yang dilakukan dalam Pelatihan
Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam
Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
1) Bentuk
Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan
Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset
dan Teknologi dilaksanakan dalam
bentuk belajar dan mengerjakan tugas secara mandiri melalui LMS yang telah
disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu pada
portal sim PKB https://sim-gurubelajar.simpkb.id/
2) Pola
Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan
Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset
dan Teknologi, mengikuti pola 32 jam
pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang
disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.
b) Deskripsi Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi
Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Pembelajaran materi Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi
Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian
Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui LMS yang telah
disediakan di portal sim PKB yaitu https://sim-gurubelajar.simpkb.id/
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam Pelatihan Program
Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam
Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
yang dilaksanakan tanggal 6 Oktober 2021 sampai dengan 27 Oktober 2021 dengan
pola 32 jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.9 Struktur
Program
Pelatihan Progran Guru Belajar dan Berbagi
Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter.
10. Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva
For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2021 s/d 17 November
2021.
- Jenis Kegiatan
Pendidikan dan Pelatihan
Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD
se- Kabupaten Banyumas
- Tujuan
Tujuan Pendidikan
dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu
KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas adalah untuk meningkatkan
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang pembuatan
media pembelajaran dengan Canva For Education.
- Uraian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut
ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam Pendidikan dan Pelatihan
Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD
se- Kabupaten Banyumas.
1) Bentuk
Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education
bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas dilaksanakan dalam bentuk belajar, diskusi melalui media zoom
meeting dan mengerjakan tugas secara mandiri melalui aplikasi Canva For
Education.
2) Pola
Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education
bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas yang dilaksanakan Dinas
Pendidikan Kabupaten Banyumas,
mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara
fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.
b) Deskripsi Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran
Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten
Banyumas.
Pembelajaran materi Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran
Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten
Banyumas melalui media ZOOM Meeting dalam penyampaian materi serta
melalui aplikasi Canva For Education dalam mengerjakan tugas.
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam Pendidikan dan
Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG
Gugus SD se- Kabupaten Banyumas yang dilaksanakan tanggal 15 November
2021 sampai dengan 17 November 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.10 Struktur
Program
Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran
Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG SD
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter.
11. Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11
PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan
Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17 November 2021 s/d 30
November 2021.
- Jenis Kegiatan
Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA
Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di
Masa Pandemi COVID-19.
- Tujuan
Tujuan diselenggarakannya Diklat
Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan
WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19
adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman
dan kompetensi tentang penggunaan aplikasi whatsapp pada implementasi
pembelajaran IPA SD dan penilaiannya di masa pandemi covid-19.
- Uraian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut ini bentuk dan pola
kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA
Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di
Masa Pandemi COVID-19.
1) Bentuk
Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA
Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di
Masa Pandemi COVID-19 dalam bentuk
bimbingan dan pelatihan dengan metode diskusi dan praktik.
2) Pola
Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA
Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di
Masa Pandemi COVID-19, mengikuti pola
32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang
disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.
b) Deskripsi Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA
) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran
IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19.
Pembelajaran materi Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA
) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran
IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19dilakukan melalui zoom
meeting dalam penyampaian materi dan diikusi serta menggunakan LMS yang telah
disediakan oleh PPPPTK IPA Bandung.
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam Diklat Daring,
Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA
pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19
tanggal 17 November 2021 sampai dengan 30 November 2021 dengan pola 36
jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.11 Struktur
Program
Diklat Pemanfaatan WA
Pada Implementasi Pembelajaran IPA SD
dan Penilaianya di
masa Pandemi COVID-19
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter.
12. Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru
SD/MI se- Kabupaten Banyumas
- Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dengan ketentuan sebagai
berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2021 s/d 25
Desember 2021.
- Jenis Kegiatan
Pendidikan dan Pelatihan
Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas
- Tujuan
Tujuan Pendidikan
dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumasadalah
untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi
tentang pembuatan media pembelajaran dengan Canva For Education.
- Uraian materi
1. KEGIATAN
a) Berikut
ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam Pendidikan dan Pelatihan
Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas.
1) Bentuk
Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se-
Kabupaten Banyumas. dilaksanakan secara tatap muka dalam penyampaian materi
Canva For Education kemudian dilanjutkan
bentuk belajar, diskusi melalui media google meet dan mengerjakan tugas secara
mandiri melalui aplikasi Canva For Education.
2) Pola
Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se-
Kabupaten Banyumas yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario
pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan
metode yang dipilih.
b) Deskripsi Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education
bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas.
Pembelajaran materi Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education
bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas dilakukan secara tatap muka dalam
penyampaian materi canva for education, kemudian dilanjutkan diskusi melalui media
google meet serta melalui aplikasi Canva For Education dalam mengerjakan tugas.
2. MATERI
Berikut disajikan gambaran umum materi kegiatan yang
dilaksanakan dalam Pendidikan dan
Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas yang dilaksanakan tanggal 26 November 2021
sampai dengan 25 Desember 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.
Tabel 2.12 Struktur
Program
Pendidikan dan Pelatihan Canva For
Education
Bagi Guru SD/MI se Kabupaten Banyumas
- Tindak lanjut
Mempelajari lebih
dalam, mengembangkan, menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang
lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan.
- Dampak
1. Guru
Meningkatnya
pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok
dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen
pendidikan yang profesional.
2. Murid
Mendapat jaminan
kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal
melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman,
sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi
santun dan berkrakter.
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Laporan
Pengembangan Diri (PD) ini dibuat untuk
melihat kinerja seorang guru selaku pendidikatau guru dalam melaksankaan tugas
utamanya, yaitu melaksanakan pembelajaran, pembimbingan atau pelaksanaan tugas
lainnya yang relevan di sekolah.
Pada
akhirnya akan menciptakan guru yang mempunyai motivasi tinggi, dedikasi tinggi,
terampil dalam membangkitkan minat peserta didik untuk menguasai ilmu
pengetahuan, teknologi, serta memiliki kepribadian yang tangguh untuk
menghadapi era globalisasi.
B. SARAN
Laporan
Pengembangan Diri ini jauh dari sempurna. Karena itu kritik membangun sangat
kami harapkan demi perbaikan di masa yang akan datang. Diharapkan Laporan
Pengembangan Diri ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang berkepentingan
Somagede, 31
Desember 2021
Penyusun,
NUR SALAM, S.Pd.SD
NIP 19860131
201001 1006
Label: contoh, diri, guru, laporan, pendidikan, Pengembangan, Terbaru
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda