Minggu, 09 Oktober 2022

#TERBARU CONTOH LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI GURU

 BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 15 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Mengingat pentingnya pengembangan sekolah sebagai pusat pembelajaran diharapkan senantiasa mencermati perubahan-perubahan internal dan eksternal, yang diikuti dengan penyesuaian diri.

Untuk itu sebagai aktualisasi tugas guru sebagai tugas profesional untuk dapat mengembangkan diri keprofesiaannya secara berkelanjutan,yaitu melalu Program Pengembangan Keprofesian  Berkelanjutan (PKB) ini diarahkan untuk dapat memperkecil jarak antara pengetahuan, ketrampilan, kompetensi sosial, dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan kedepan berkaitan dengan profesinya itu.

Berdasarkan Peraturan Menteri  Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, ditegaskan bahwa penilaian kinerja guru merupakan penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya. Kegiatan-kegiatan guru yang dinilai angka kreditnya antara lain adalah pendidikan formal dan memperoleh gelar/ijasah dan pendidikan pelatihan (Diklat),  Kegiatan Kolektif Guru pembelajaran/bimbingan, dan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang meliputi pengenbangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Berpedoman pada Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Standar penilaian pendidikan adalah kriteria mengenai lingkup, tujuan dan manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur dan instrument penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam hasil belajar peserta didik. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.  Berdasarkan pedoman tersebut seorang guru harus bias membuat dan merancang perangkat penilaian agar terprogram dengan baik.

 

B.     Tujuan

1.      Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikkan.

2.      Memotivasi guru untuk tetap memiliki komitmen melaksnakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.

3.      Mengangkat citra, harkat, martabat profesi guru, rasa hormat dan kebanggaan kepada panyandang profesi guru.

4.      Tujuan diselenggarakannya Diklat Fungsional Penilaian Angka Kredit Guru adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai tim penilai Angka Kredit Guru.

C.    Manfaat

a.    Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

b.   Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai denga perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

BAB II

PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI

 

Kegiatan Pengembangan Diri pada kegiatan PKB adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi dan keprofesiannya. Kegiatan  ini dilakukan melalui Pendidikan dan Pelatihan (diklat) fungsional dan/atau melalui kegiatan kolektif guru.

Diklat fungsional bagi guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau latihan yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan dalam kurun waktu tertentu. Macam kegiatan dapat berupa kursus, pelatihan, penataran, maupun berbagai bentuk diklat yang lain. Guru dapat mengikuti kegiatan diklat fungsional, atas dasar penugasan baik oleh kepala  sekolah atau institusi lain, maupun atas kehendak sendiri dari guru yang bersangkutan.

Pengembangan diri yang telah penulis ikuti ada 12 kegiatan diklat fungsional  dengan rincian sebagai berikut :

1.      Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2021 s/d 23 Januari 2021.

  1. Jenis Kegiatan

Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  1. Tujuan

Tujuan diselenggarakannya Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum  adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang pelaksanaan dan materi Assesmen Kompetensi Minimum sehingga guru dapat mempersiapkan anak didik dalam rangka pelaksanaan Assesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) tahun 2021.

 

  1. Uranian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum.

1)      Bentuk

Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bentuk belajar dan mengerjakan tugas secara mandiri melalui LMS yang telah disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan   yaitu pada   portal sim PKB ( https://sim-gurubelajar.simpkb.id/ ).

2)      Pola

Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

 

b)     Deskripsi Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembelajaran materi Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan melalui LMS yang telah disediakan di portal sim PKB yaitu  https://sim-gurubelajar.simpkb.id/.


2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 19 Januari 2021 sampai dengan 23 Januari 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.

 Tabel 2.1 Struktur Program Tahap 1 Bimtek Program

Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum

No.

Pokok Materi

JP

A.

Pokok

 

1.

Konsep Asesmen Nasional

6

2.

Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional

4

3.

Asesmen Literasi Membaca

5

4.

Assessment Numeracy

5

5.

Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum

10

B.

Penunjang

 

1

Asesmen Pra dan Pasca Program

2

Jumlah

32

 

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

 

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter. Selain itu menambah pengetahuan siswa dalam hal literasi membaca dan literasi numerasi dalam rangka menyongsong pelaksanaan Assesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) tahun 2021.

 

2.      Pelatihan Google Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2021 s/d 16 Februari 2021.

  1. Jenis Kegiatan

Pelatihan Google Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud.

  1. Tujuan

Tujuan diselenggarakannya Pelatihan Google Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang penggunaan dan pemanfaatan Akun Belajar G-Suite For Education sehingga guru bisa menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru pada saat Pembelajaran Jarak Jauh.

  1. Uranian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan Pelatihan Google Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud.

1)      Bentuk

Pelatihan Google Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud dalam bentuk bimbingan dan pelatihan dengan metode diskusi dan praktik.

2)      Pola

Pelatihan Google Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

b)     Deskripsi Pelatihan Google Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud.

Pembelajaran materi Pelatihan Google Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud dilakukan melalui google classroom dan google meet dalam penyampaian materi dan diikusi.

2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan Pelatihan Google Workspace for Education oleh Google Master Trainer – GTK Kemdikbud tanggal 9 Februari 2021 sampai dengan 16 Februari 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.

Tabel 2.2 Struktur Program

Pelatihan Google Workspace For Education

 

No

 

Materi Pelatihan

Durasi

Tatap Muka

Tugas Online

1

Memahami perbedaan akun Google Workspace for Education dengan akun gmail pribadi

1

-

2

Menyimpan, membagikan, mendownload, upload, serta mengelola data di Google Drive

1

2

3

Berkolaborasi dalam mengedit dokumen di Google Docs

1

2

4

Berkolaborasi dalam mengedit presentasi di Google Slides.

1

2

5

Membuat survei dan kuis di Google Forms.

2

3

6

Berkolaborasi dalam mengedit data di Google Sheets.

1

2

7

Membuat topik, materi, tugas, dan kuis interaktif di Classroom.

2

3

8

Melakukan video call dan berbagi layar (Semua layar, window, Chrome Tab) di Google Meet.

1

2

9

Membuat acara, link Google Meet, mengundang orang di Google Calendar.

1

2

10

Mengirim email dan melampirkan lampiran di Gmail.

1

2

Subtotal

12

20

Total

32 Jam

 

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

 

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

3.      Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2021 s/d 27 Maret 2021.

  1. Jenis Kegiatan

Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman.

  1. Tujuan

Tujuan diselenggarakannya Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang bebras dan program pandai, serta tantangan pengajar di era digital melalui teknis Computational Thingking ( CT ) dan High Order Thingking Skills ( HOTS ).


  1. Uranian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman.

1)      Bentuk

Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman dalam bentuk bimbingan dan pelatihan dengan metode diskusi dan praktik.

2)      Pola

Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

b)     Deskripsi Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman.

Pembelajaran materi Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman dilakukan melalui zoom meeting dalam penyampaian materi dan diikusi serta menggunakan LMS yang telah disediakan oleh Universitas Jenderal Soedirman.

2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking Program Pandai Informatika Universitas Jenderal Soedirman tanggal 19 Maret 2021 sampai dengan 27 Maret 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.

 

Tabel 2.3 Struktur Program

Pelatihan dan Pendampingan Computational Thinking

Program Pandai Informatikan Universitas Jenderal Soedirman

No

Materi

Waktu

1

Bebras, Pandai dan tantangan Pengajar di Era Digital

1

2

Computational Thinking, HOTS dan Latihan

3

3

Computational Thinking Unplugged dan latihan

5

4

Computational Thinking Online dan latihan

5

5

Computational Thinking Resource dan Latihan

1,5

6

PISA test dan latihan

3

7

Strategi Infus CT ke Mata Pelajaran

1,5

8

Contoh Kasus CT untuk Mata Pelajaran

1

9

Pembuatan game Sederhana dengan Scrath

1

10

Perencanaan Micro Teaching

3

11

Pelaksanaan Micro Teaching

5

12

Refleksi Micro Teaching

2

Jumlah jam

32

 

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

 

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

4.      Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2021 s/d 31 Maret 2021.

 

  1. Jenis Kegiatan

Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD.

  1. Tujuan

Tujuan diselenggarakannya  Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang materi kajian bilangan dalam menyelesaikan soal-soal IPA SD.

  1. Uranian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD.

1)      Bentuk

Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD dalam bentuk bimbingan dan pelatihan dengan metode diskusi dan praktik.

2)      Pola

Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

b)     Deskripsi Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD.

Pembelajaran materi Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD dilakukan melalui zoom meeting dalam penyampaian materi dan diikusi serta menggunakan LMS yang telah disediakan oleh PPPPTK IPA Bandung.

2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 6 PPPPTK IPA Kelas Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan Soal-Soal IPA SD tanggal 18 Maret 2021 sampai dengan 31 Maret 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.

 

Tabel 2.4 Struktur Program

Diklat Penerapan Materi Kajian Bilangan dalam Menyelesaikan

Soal-Soal IPA SD

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

 

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

5.      Bimbingan Teknis ( Bimtek ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2021 s/d 10 Mei 2021.

  1. Jenis Kegiatan

Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

  1. Tujuan

Tujuan diselenggarakannya  Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang penerapan pendidikan inklusif di satuan pendidikan non inklusif.

  1. Uranian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

1)      Bentuk

Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam bentuk belajar dan mengerjakan tugas secara mandiri melalui LMS yang telah disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan   yaitu pada   portal sim PKB ( https://sim-gurubelajar.simpkb.id/ ).

2)      Pola

Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

b)     Deskripsi Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pembelajaran materi Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dilakukan melalui LMS yang telah disediakan di portal sim PKB yaitu  https://sim-gurubelajar.simpkb.id/.

2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang dilaksanakan tanggal 3 Mei 2021 sampai dengan 10 Mei 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.

Tabel 2.5 Struktur Program

Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Progran Guru Belajar dan Berbagi

 Seri Pendidikan Inklusif  

 

 

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

 

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

 

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

6.      Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) Tahun 2021 Level Literasi

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2021 s/d 28 Mei 2021.

  1. Jenis Kegiatan

Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  1. Tujuan

Tujuan diselenggarakannya  Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dalam kegiatan belajar mengajar.

  1. Uranian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

1)      Bentuk

Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bentuk belajar dan mengerjakan tugas secara mandiri melalui LMS yang telah disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan   yaitu pada   portal simpatik yaitu ( https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik/user/Kb/groups/NTkx  ).

2)      Pola

Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

b)     Deskripsi Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembelajaran materi Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan melalui LMS yang telah disediakan di portal simpatik kemdikbud yaitu

https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik/user/Kb/groups/NTkx.

 

 

2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi yang dilaksanakan oleh Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  yang dilaksanakan tanggal 11 Mei 2021 sampai dengan 28 Mei 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.

Tabel 2.6 Struktur Program

Peningkatan Kompetensi Guru dalam pembelajaran

Berbasis TIK ( PembaTIK ) tahun 2021 Level Literasi

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

7.      Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19 September 2021 s/d 27 September 2021.

  1. Jenis Kegiatan

Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

  1. Tujuan

Tujuan diselenggarakannya  Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif.

  1. Uranian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

1)      Bentuk

Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dilaksanakan dalam bentuk belajar dan mengerjakan tugas secara mandiri melalui LMS yang telah disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan   yaitu pada   portal sim PKB https://sim-gurubelajar.simpkb.id/

2)      Pola

Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

b)     Deskripsi Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pembelajaran materi Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui LMS yang telah disediakan di portal sim PKB yaitu https://sim-gurubelajar.simpkb.id/#/beranda/4

 

2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  yang dilaksanakan tanggal 19 September 2021 sampai dengan 27 September 2021 dengan pola 36 jam dalam bentuk tabel.


Tabel 2.7 Struktur Program

Pelatihan Progran Guru Belajar dan Berbagi

Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggaran Pendidikan Inklusif

 

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

8.      Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2021 s/d 21 Oktober 2021.

  1. Jenis Kegiatan

Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

  1. Tujuan

Tujuan Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang makna guru merdeka belajar yaitu guru yang senantiasa berefleksi untuk menyesuaikan pemikiran dan perbuatannya terhadap perubahan dalam upaya mencapai tujuan.

  1. Uraian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

1)      Bentuk

Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dilaksanakan dalam bentuk belajar dan mengerjakan tugas secara mandiri melalui LMS yang telah disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan   yaitu pada   portal sim PKB https://sim-gurubelajar.simpkb.id/

2)      Pola

Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

b)     Deskripsi Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pembelajaran materi Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui LMS yang telah disediakan di portal sim PKB yaitu https://sim-gurubelajar.simpkb.id/

 

2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Bimbingan Teknis ( BIMTEK ) Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  yang dilaksanakan tanggal 15 Oktober 2021 sampai dengan 21 Oktober 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.

Tabel 2.8 Struktur Program

Pelatihan Progran Guru Belajar dan Berbagi

Seri Guru Merdeka Belajar

 

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

9.      Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2021 s/d 26 Oktober 2021.

  1. Jenis Kegiatan

Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

  1. Tujuan

Tujuan Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang Kemampuan nonteknis dalam adaptasi teknologi untuk pembelajaran.

 

  1. Uraian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

1)      Bentuk

Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dilaksanakan dalam bentuk belajar dan mengerjakan tugas secara mandiri melalui LMS yang telah disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan   yaitu pada   portal sim PKB https://sim-gurubelajar.simpkb.id/

2)      Pola

Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

b)     Deskripsi Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Pembelajaran materi Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui LMS yang telah disediakan di portal sim PKB yaitu https://sim-gurubelajar.simpkb.id/

 

2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang dilaksanakan tanggal 6 Oktober 2021 sampai dengan 27 Oktober 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.

Tabel 2.9 Struktur Program

Pelatihan Progran Guru Belajar dan Berbagi

Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi

 

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

10.  Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2021 s/d 17 November 2021.

 

  1. Jenis Kegiatan

Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas

 

  1. Tujuan

Tujuan Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang pembuatan media pembelajaran dengan Canva For Education.

 

  1. Uraian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas.

1)      Bentuk

Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas dilaksanakan dalam bentuk belajar, diskusi melalui media zoom meeting dan mengerjakan tugas secara mandiri melalui aplikasi Canva For Education.

2)      Pola

Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

b)     Deskripsi Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas.

Pembelajaran materi Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas melalui media ZOOM Meeting dalam penyampaian materi serta melalui aplikasi Canva For Education dalam mengerjakan tugas.

2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG Gugus SD se- Kabupaten Banyumas yang dilaksanakan tanggal 15 November 2021 sampai dengan 17 November 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.

Tabel 2.10 Struktur Program

Pendidikan dan Pelatihan Media Pembelajaran

Dengan Canva For Education bagi Guru Pemandu KKG SD

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

11.  Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17 November 2021 s/d 30 November 2021.

  1. Jenis Kegiatan

Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19.

  1. Tujuan

Tujuan diselenggarakannya  Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19 adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang penggunaan aplikasi whatsapp pada implementasi pembelajaran IPA SD dan penilaiannya di masa pandemi covid-19.

  1. Uraian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19.

1)      Bentuk

Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19 dalam bentuk bimbingan dan pelatihan dengan metode diskusi dan praktik.

2)      Pola

Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

b)     Deskripsi Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19.

Pembelajaran materi Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19dilakukan melalui zoom meeting dalam penyampaian materi dan diikusi serta menggunakan LMS yang telah disediakan oleh PPPPTK IPA Bandung.

2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Diklat Daring, Massive, dan Terbuka ( DIDAMBA ) Angkatan 11 PPPPTK IPA Kelas Pemanfaatan WA pada Implementasi Pembelajaran IPA SD dan Penilaiannya di Masa Pandemi COVID-19 tanggal 17 November 2021 sampai dengan 30 November 2021 dengan pola 36 jam dalam bentuk tabel.

 

Tabel 2.11 Struktur Program

Diklat Pemanfaatan WA Pada Implementasi Pembelajaran IPA SD

dan Penilaianya di masa Pandemi COVID-19

 

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

12.  Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas

  1. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut : Waktu kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 November 2021 s/d 25 Desember 2021.

  1. Jenis Kegiatan

Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas

  1. Tujuan

Tujuan Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumasadalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang pembuatan media pembelajaran dengan Canva For Education.

 

 

 

 

  1. Uraian materi

1.      KEGIATAN

a)      Berikut ini bentuk dan pola kegiatan yang dilakukan dalam Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas.

1)      Bentuk

Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas. dilaksanakan secara tatap muka dalam penyampaian materi Canva For Education kemudian dilanjutkan bentuk belajar, diskusi melalui media google meet dan mengerjakan tugas secara mandiri melalui aplikasi Canva For Education.

2)      Pola

Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, mengikuti pola 32 jam pelajaran (JP). Skenario pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, yang disesuaikan dengan topik dan metode yang dipilih.

b)     Deskripsi Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas.

Pembelajaran materi Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas dilakukan secara tatap muka dalam penyampaian materi canva for education, kemudian dilanjutkan diskusi melalui media google meet serta melalui aplikasi Canva For Education dalam mengerjakan tugas.

2.      MATERI

Berikut  disajikan gambaran umum materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Pendidikan dan Pelatihan Canva For Education bagi Guru SD/MI se- Kabupaten Banyumas  yang dilaksanakan tanggal 26 November 2021 sampai dengan 25 Desember 2021 dengan pola 32 jam dalam bentuk tabel.

 

Tabel 2.12 Struktur Program

Pendidikan dan Pelatihan  Canva For Education

Bagi Guru SD/MI se Kabupaten Banyumas

  1. Tindak lanjut

Mempelajari lebih dalam,  mengembangkan,  menularkan kepada rekan – rekan guru dan yang lebih penting adalah upaya peningkatan mutu pendidikan. Serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

  1. Dampak

1.      Guru

Meningkatnya pengetahuan, ketrampilan, wawasan, pemahaman dan kompetensi tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai Guru, sehingga mau merubah dirinya menjadi agen pendidikan yang profesional.

2.      Murid

Mendapat jaminan kepastian layanan pembelajaran yang efektif untuk  meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan pengetahuan dan tehnologi sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga nantinya menjadi manusia/insan yang mandiri, berakhlak mulia berbudi santun dan berkrakter.

 

BAB IV

PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Laporan Pengembangan Diri (PD)  ini dibuat untuk melihat kinerja seorang guru selaku pendidikatau guru dalam melaksankaan tugas utamanya, yaitu melaksanakan pembelajaran, pembimbingan atau pelaksanaan tugas lainnya yang relevan di sekolah.

Pada akhirnya akan menciptakan guru yang mempunyai motivasi tinggi, dedikasi tinggi, terampil dalam membangkitkan minat peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, serta memiliki kepribadian yang tangguh untuk menghadapi era globalisasi.

 

B.     SARAN

Laporan Pengembangan Diri ini jauh dari sempurna. Karena itu kritik membangun sangat kami harapkan demi perbaikan di masa yang akan datang. Diharapkan Laporan Pengembangan Diri ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang berkepentingan


Somagede, 31 Desember 2021

 

Penyusun,

 

 

 

NUR SALAM, S.Pd.SD

NIP 19860131 201001 1006

Label: , , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda