Faktor-Faktor Keberhasilan Belajar
Faktor
Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Hasil
belajar merupakan perubahan yang didapatkan oleh seseorang yang melakukan
kegiatan belajar, namun setiap setiap orang akan mendapatkan perubahan yang
berbeda ketika diberi perlakuan dalam proses belajar. Perubahan- perubahan itu dipengaruhi
oleh banyak faktor. Adapun faktor-faktor
yang mempengaruhi hasil belajar dapat dibagi menjadi 2 bagian besar,
yaitu faktor internal dan faktor eksternal (Indra Munawar,2009).
1. Faktor
Internal :
1) Faktor
biologis (jasmaniah)
Keadaan jasmani yang perlu diperhatikan, pertama kondisi fisik
yang normal atau tidak memiliki cacat sejak dalam kandungan sampai sesudah
lahir. Kondisi fisik normal ini terutama harus meliputi keadaan otak, panca
indera, anggota tubuh. Kedua, kondisi keadaan fisik. Kondisi fisik yang sehat
dan segar sangat mempengaruhi keberhasilan belajar.
2) Faktor
psikologis
Faktor psikologis yang mempengaruhi keberhasilan belajar ini
meliputi segala hal yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang. Kondisi
mental yang dapat menunjang keberhasilan belajar adalah
kondisi mental yang mantap dan stabil.
Faktor psikologis ini meliputi hal-hal berikut. Pertama,
intelegensi. Intelegensi atau tingkat kecerdasan dasar seseorang yang memang
berpengaruh besar terhadap keberhasilan belajar seseorang. Kedua,
kemauan. Kemauan dapat dikatakan faktor utama
penentu keberhasilan belajar seseorang. Ketiga, bakat. Bakat ini
bukan menentukan mampu tidaknya seseorang dalam suatu bidang, melainkan
lebih banyak menentukan tinggi rendahnya kemampuan seseorang dalam suatu
bidang.
2. Faktor
Eksternal
1) Faktor
lingkungan keluarga
Factor lingkungan rumah atau keluarga ini merupakan lingkungan
pertama dan utama pula dalam menentukan keberhasilan belajar seseorang. Suasana
lingkungan rumah yang cukup tenang, adanya perhatian orang tua terhadap
perkembangan proses belajar dan pendidikan anak-anaknya maka akan mempengaruhi
keberhasilan belajarnya.
2) Faktor
lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah sangat diperlukan untuk menentukan
keberhasilan belajar siswa. Hal yang paling mempengaruhi
keberhasilan belajar pada siswa di sekolah mencakup metode mengajar, kurikulum,
relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, pelajaran, waktu sekolah,
tata tertib atau disiplin yang ditegakkan secara konsekuen dan konsisten.
3) Faktor
lingkungan masyarakat
Seorang
siswa hendaknya dapat memilih lingkungan masyarakat yang dapat menunjang
keberhasilan belajar. Masyarakat merupakan factor ekstern yang juga berpengaruh
terhadap belajar siswa karena keberadaannya dalam masyarakat. Lingkungan yang
dapat menunjang keberhasilan belajar diantaranya adalah, lembaga-lembaga
pendidikan nonformal, seperti kursus bahasa asing, bimbingan tes, pengajian
remaja dan lain-lain Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut diharapkan
dapat meningkatkan hasil belajar seseorang dan dapat mencegah Label: belajar, Faktor, hasil, Keberhasilan, siswa
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda