Pentingnya Tekhnologi Pendidikan
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Perkembangan ilmu dan teknologi
merupakan salah satu produk dari manusia yang terdidik, dan pada giliranya
manusia-manusia itu perlu lebih mendalami dan mampu mengambil manfaat dan bukan
menjadi korban dari perkembangan ilmu dan teknologi sendiri. Pendidikan
sebagai suatu ilmu teknologi tidak luput dari gejala perkembangan itu. Kalau
semula orang tua yang bertindak sebagai pendidik kemudian kita kenal profesi
guru yang diberi tanggung jawab pendidik. Sekarang ini secara konseptual maupun
secara legal telah dikenal dan ditentukan sejumlah keahlian khusus jabatan dan
atau profesi yang termasuk dalam kategori tenaga kependidikan.
Teknologi pendidikan sangat
mempengaruhi perkembangan pendidikan, baik proses pembelajarannya maupun dalam
penyusunan kurikulum, apalagi dalam membangun sarana dan prasarana pendidikan
yang memadai sehingga tujuan pendidikan itu sendiri dapat mudah terlaksanakan.
Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dibahas tentang pentingnya teknologi
pendidikan. Sehingga kita mampu dengan kreatif mengembangkan teknologinya untuk
menjadikan pendidikan itu mudah, efektif dan efisien dalam melahirkan generasi
penerus bangsa yang hebat.
B. TUJUAN
Untuk mengetahui tentang
pentingnya teknologi pendidikan dan bagaimana penerapannya dalam dunia
kependidikan.
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Teknologi Pendidikan
Istilah teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu technologis. Technieberarti seni, keahlian atau sains dan logos yang berarti ilmu. Teknologi menurut Gaibraith dapat diartikan sebagai penerapan sistematik dari pengetahuan ilmiah atau terorganisasikan dalam hal-hal yang praktis. Sedang dalam arti luas menurut Association for Educational Communication and Technology (AECT) adalah proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari problem solving, melaksanakan evaluasi dan mengelola pemacahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia.
Dilain pihak ada pendapat bahwa
teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan dan penilaian
sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses
belajar manusia. Di sini diutamakan proses belajar itu sendiri di samping
alat-alat yang dapat membantu proses belajar itu.
Dengan demikian secara umum
teknologi pendidikan diartikan sebagai media yang lahir dari revolusi teknologi
komunikasi yang dapat digunakan untuk tujuan-tujuan pengajaran disamping guru,
buku, ide, peralatan dan organisasi yang dikaji secara sistematis, logis dan
ilmiah. Pengertian ini mengandung asumsi bahwa sebenarnya media teknologi
tertentu tidak secara khusus dibuat untuk teknologi yang dimanfaatkan untuk
tujuan-tujuan pendidikan.
B. Pentingnya Teknologi
Pendidikan
Peran teknologi pendidikan Teknologi Pendidikan sangat
bermanfaat bagi manusia dalam pendidikan. Dalam teknologi pendidikan akan
melibatkan prosedur, ide, peralatan dan organisme untuk menganalisis masalah
pendidikan, mencari problem solving, melaksanakan evaluasi dan mengelola
pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek pembelajaran dalam pendidikan.
Teknologi secara umum mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai
berikut :
1. Memperjelas
penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalis (tertulis dan lisan).
2. Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3. Dengan
menggunakan media pendidikan secara tepat dan variasi dapat diatasi sikap pasif
peserta didik, kurikulum dan materi pendidikan.
C. Aplikasi
Teknologi Pendidikan
Hasil penelitian secara nyata membuktikan bahwa penggunaan
alat bantu sangat membantu aktivitas proses belajar mengajar di kelas, terutama
peningkatan prestasi belajar siswa atau mahasiswa. Keterbatasan media teknologi
pendidikan disatu pihak dan lemahnya kemampuan dosen atau guru menciptakan
media tersebut di sisi lain membuat penerapan metode ceramah makin menjamur.
Kondisi ini jauh dari menguntungkan. Terbatasnya alat-alat teknologi pendidikan
yang dipakai di kelas diduga merupakan salah satu sebab lemahnya mutu studi
pelajar atau masyarakat pada umumnya.
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
teknologi komunikasi mengalami kemajuan yang sangat pesat dan untuk selanjutnya
berpengaruh terhadap pola komunikasi dimasyarakat. Dibuatnya instrumen
teknologi komunikasi seperti satelit, TV, radio, video, tape, computer dan
smartphone memberi arti tersendiri bagi proses komunikasi antar manusia.
Seperti halnya teknologi pada umumnya, teknologi komunikasi tidak mengenal
batas-batas wilayah, ideologi, agama, dan suku bangsa, teknologi telah
mengurangi secara drastis jarak dalam waktu dan ruang.
Aplikasi teknologi pendidikan sangat relevan bagi
pengelolaan pendidikan pada umumnya dan kegiatan belajar mengajar pada
khususnya. Aplikasi yang dimaksud yaitu:
a. Teknologi
pendidikan memungkinkan adanya perubahan kurikulum baik strategi, pengembangan
maupun aplikasinya. Teknologi pendidikan mempunyai fungsi luas, tidak hanya
terbatas pada kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kelas melainkan dapat
berfungsi sebagai masukan bagi pembinaan dan pengembangan kurikulum yang dikaji
secara ilmiah, logis, sistematis dan rasional sesuai dengan tuntutan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
b. Teknologi
pendidikan menghilangkan kalaupun tidak secara keseluruhan pola pengajaran
tradisional. Ia berperan penuh dalam pelaksanaan proses belajar mengajar,
meskipun sebenarnya dia tidak dapat menggantikan posisi guru secara mutlak.
Guru mempunyai kemampuan yang terbatas dan dengan teknologi pendidikan
keterbatasan itu dapat diatasi.
c. Teknologi
pendidikan membuat pengertian kegiatan belajar menjadi luas, lebih dari hanya
sekedar interaksi guru dengan murid di dalam ruang dan waktu yang sangat
terbatas. Teknologi pendidikan dapat dianggap sebagai sumber belajar dan
biasanya memberikan rangsangan positif dalam proses pendidikan.
d. Aplikasi
teknologi pendidikan dapat membuat peranan guru berkurang, meskipun teknologi
pendidikan tidak mampu menggantikan guru secara penuh.
e. Teknologi
pendidikan adalah teknologi pendidikan dan guru adalah guru. Meskipun
demikian bagi guru dan murid, teknologi pendidikan memberikan sumbangan yang
sangat positif.
D. Analisis
Teknologi Pendidikan
Merupakan suatu cara mengajar dengan menggunakan skill atau
keahlian yang dimiliki oleh seorang guru agar dalam proses pembelajaran bisa
diterima oleh para peserta didiknya sehingga bisa mencapai pada tujuan
pendidikan itu sendiri. Jadi sebenarnya teknologi pendidikan itu tidak seperti
halnya yang kita ketahui tentang teknologi pada umumnya yang ada kaitannya
dengan masalah-masalah permesinan atau yang lainnya, tetapi dalam masalah
teknologi pendidikan itu bisa dikaitkan dengan sebuah cara atau strategi yang
dimiliki seorang guru dalam proses pembelajaran baik itu menggunakan media yang
ada dalam kelas atau ataupun cara lain agar dalam pembelajaran menjadi mudah
diserap oleh para peserta didiknya.
E. Teknologi
Pendidikan dalam Meningkatkan Produktivitas Pendidikan
Produktivitas dalam dunia pendidikan berkaitan dengan
keseluruhan proses perencanaan, penataan dan pendayagunaan sumber daya untuk
merealisasikan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Sejauh mana
pencapaian produktivitas pendidikan dapat dilihat dari out put pendidikan yang
berupa prestasi, serta proses pendidikan yang berupa suasana pendidikan.
Prestasi dapat dilihat dari masukan yang merata, jumlah tamatan yang banyak,
mutu tamatan yang tinggi, relevansi yang tinggi dan dari sisi ekonomi yang berupa
penyelenggaraan penghasilan. Sedangkan proses atau suasana tampak dalam
kegairahan belajar, dan semangat kerja yang tinggi serta kepercayaan dari
berbagai pihak.
Satu hal yang perlu disadari adalah bahawa produktivitas
pendidikan harus dimulai dari menata SDM tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan. Hal kedua adalah bahwa penataan SDM harus dilaksanakan denagn
prinsip efektivitas dan efisiensi karena efektifitas dan efisiensi adalah
kriteria dan ukuran yang mutlak bagi produktivitas pendidikan.
Sekarang sekolah negeri maupun swasta mulai berusaha keras
untuk mengatur kembali sistem pendidikan mereka. Banyak program sekolah yang
ditawarkan pada masyarakat baik itu jurusan maupun status sekolah yaitu SSN,
unggul, model, internasional, akselerasi dan sarana prasarananya. Yang jelas
perubahan sekolah untuk menghadapi dunia global harus disiapkan dari unsur SDM
yang berkualitas sehingga mampu berfikir membuat desain pendidikan, memiliki
kiat manajemen yang baik dan tidak gagap terhadap pendidikan.
Jadi dapat dikatakan bahwa antara inovasi pendidikan dengan
teknologi pendidikan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Inovasi merupakan okbyek dan teknologi pendidikan merupakan subyeknya.
Dalam inovasi pendidikan butuh SDM dan peralatan yang menunjang inovasi
pendidikan, sebaliknya SDM dan alat tidak akan berfungsi tanpa digunakan untuk
sasaran/tujuan yang pasti dan bermanfaat dimasa datang.
Dalam meningkatkan produktivitas pendidikan, Teknologi
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting, diantaranya sebagai berikut:
1. Teknologi
Pendidikan sebagai peralatan untuk mendukung konstruksi pengetahuan. Untuk
mewakili gagasan pelajar pemahaman dan kepercayaan. Untuk organisir produksi,
multi media sebagai dasar pengetahuan pelajar.
2. Teknologi
pendidikan sebagai sarana informasi untuk menyelidiki pengetahuan yang
mendukung pelajar. Untuk mengakses informasi yang diperlukan. Untuk perbandingan
perspektif, kepercayaan dan pandangan dunia
3. Teknologi
pendidikan sebagai media sosial untuk mendukung pelajaran dengan berbicara.
Untuk berkolaborasi dengan orang lain. Untuk mendiskusikan, berpendapat dan
membangun konsensus antara anggota sosial.
4. Teknologi
pendidikan sebagai mitra intelektual untuk mendukung pelajar. Untuk membantu
pelajar mengartikulasikan dan memprentasikan apa yang mereka ketahui.
5. Teknologi
pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan/sekolah.
6. Tekonologi
pendidikan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar
mengajar.
7. Teknologi
pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Teknologi
pendidikan diartikan sebagai media yang lahir dari revolusi teknologi
komunikasi yang dapat digunakan untuk tujuan-tujuan pengajaran disamping guru,
buku, ide, peralatan dan organisasi yang dikaji secara sistematis, logis dan
ilmiah.
Teknologi pendidikan itu bisa dikaitkan dengan sebuah cara
atau strategi yang dimiliki seorang guru dalam proses pembelajaran baik itu
menggunakan media yang ada dalam kelas atau ataupun cara lain agar dalam
pembelajaran menjadi mudah diserap oleh para peserta didiknya.
Peran teknologi pendidikan Teknologi Pendidikan sangat
bermanfaat bagi manusia dalam pendidikan. Dalam teknologi pendidikan akan
melibatkan prosedur, ide, peralatan dan organisme untuk menganalisis masalah
pendidikan, mencari problem solving, melaksanakan evaluasi dan mengelola
pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek pembelajaran dalam pendidikan.
Teknologi secara umum mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut :
1. Memperjelas
penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalis (tertulis dan lisan).
2. Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3. Dengan
menggunakan media pendidikan secara tepat dan variasi dapat diatasi sikap pasif
peserta didik, kurikulum dan materi pendidikan.
B. Saran
Untuk menambah ilmu dan pengetahuan terkait Teknologi
Pendidikan, kita harus aktiv dalam mencari dan menambah pengetahuan kita, baik
melalui buku maupun sumber-sumber lainnya, dan kita harus mampu memanfaatkan
dan menerapkan teknologi untuk mengembangkan pendidikan.
Label: bagi, dunia, pendidikan, Penting, Pentinganya, Tekhnologi, Teknologi
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda